Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui media pembelajaran berbasis audio pada Siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan

Harahap, Astuti (2015) Peningkatan kemampuan membaca al-qur’an melalui media pembelajaran berbasis audio pada Siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100275.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio dapat meningkatkan kemampuan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Dan adapun tujuannya adalah Untuk mengatahui penggunaan media dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penggunaan media audio (TapeRecorder) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Dimana dengan menggunakan media audio (Tape Recorder) merupakancara yang dilakukan guru untuk melatih ketangkasan dan keterampilan seseorang dalam membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup untuk seluruh manusia. Membaca, mempelajarinya dan mengamalkannya adalah ibadah. Dengan demikian kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlu dilatih untuk memperoleh ketangkasan dan keterampilan dalam membaca Al-Qur’an. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan empat langkah yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Angkoa Selatan. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil membaca Al-Qur’an bagi siswa dengan menggunakan media audio. Pada hasil tes awal jumlah siswa yang tuntas ada 9 orang dari 29 siswa atau 33% dari total jumlah siswa, sedangkan pada siklus I pertemuan I 48% (13 orang dari 29 siswa), siklus I pertemuan II 58% (17 orang dari 29 siswa). Pada siklus II pertemuan III 21 orang dari 29 siswa atau 74% sedangkan siklis II pertemuan IV 93% (27orang dari 29 siswa). Hasil tes awal sebelum siklus diperoleh nilai rata-rata kelas 62.41 dengan persentase ketuntasan membaca bagi rsiswa 31.03% yang menunjukkan siswa masih sangat kurang aktif dalam proses pembelajaran, hasiltessiklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata kelas 71.03 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 44.87% dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75.51 dengan persentase ketuntasan belajar 58.62% dan kreativitas siswa meningkat menjadi 58% yang menunjukkan siswa masih kurangaktif. Pada siklus II pertemuan III dengan nilai rata-rata kelas 80.34 dengan persentase ketuntasan belajar 72.41% sedangkan pada siklus II pertemuan IV 84.13 dengan persentase ketuntasan belajar 93.10% yang menunjukkan bahwa siswa sudah aktif mengikuti proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Membaca Al-Quran; Media Pembelajaran Berbasis Audio
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:50
Last Modified: 07 Jul 2020 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3215

Actions (login required)

View Item View Item