Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Korelasi kebiasaan membaca dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan

Nasution, Nelwan Resdi Halomoan (2017) Korelasi kebiasaan membaca dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Rumusan masalahan dalam penelitian ini yaitu. Bagaimanakah kebiasaan membaca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan, Bagaimanakah prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan, Apakah ada korelasi signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kebiasaan membaca siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui apakah ada korelasi signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data untuk variabel kebiasaan membaca atau variabel X yaitu dengan angket, dan untuk prestasi belajar siswa atau variabel Y yaitu dengan dokumentasi yaitu nilai rapot siwa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai kriteria interprestasi skor kebiasaan membaca sebesar =98,87 tergolong kategori sangat baik, sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa sebesar =89,19 tergolong kategori sangat baik, dan ditemukan korelasi sebesar rxy =0,657 hubungan yang kuat. dan dalam analisis ini rtabel pada taraf 5% dan N =43, jadi di temukan rtabel = 0,308. Jadi rxy 0,657 > rtabel 0,308. Sedangkan besar kontribusi variabel X ( kebiasaan membaca ) terhadap variabel Y ( prestasi belajar siswa ) sebesar 43 %, dan sisanya 57 % ditentukan oleh variabel lain. Kemudian melalui uji signifikan dengan rumus uji t diperoleh bahwa thitung 5,577 > ttabel 2,02.. Dan dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada korelasi yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: DR. Lelya Hilda, M.Si dan Hj. Nahriyah Fata,S.Ag M.Pd.
Keywords: Kebiasaan Membaca; Prestasi Belajar
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:32
Last Modified: 09 Jul 2020 01:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item