Rangkuti, Noprizal (2017) Kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 1 Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Kurangnya kerjasama guru dan orangtua berdampak terhadap tidak baiknya akhlak siswa adalah salah satunya nilai rapor siswa kurang baik, seperti jika ada siswa yang nakal dalam belajar, guru bidang studi jarang sekali melaporkannya kepada orangtua siswa. Karena guru beranggapan bahwa jika ia laporkan berarti dia menganggap kurang mampu dalam membina atau membimbingnya. Padahal kerjasama guru dan orangtua itu sangat penting dalam pembinaan akhlak siswa. Dan rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa; (2) Apa yang menjadi faktor kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua di SMP Negeri 1 Linggabayu Kabupaten Mandailing Natal. Adapun tujuan penelitian ini untuk menggambarkan kerjasama guru dan orangtua dalam membina akhlak siswa dan untuk menemukan kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua. Manfaat penelitian ini agar kepala sekolah, guru, orangtua, siswa dan peneliti mengetahui betapa pentingnya kerjasama dalam pembinaan akhlak. Ruang lingkup teori-teori penelitian ini sebagai pendekatan dalam penelitian, antara lain; pengertian kerjasama, urgensi, jenis dan kegiatan kerjasama guru dan orang tua, tujuan, kendala dan pendukung kerjasama guru dan orangtua, macam-macam akhlak, faktor yang mempengaruhi akhlak siswa dan pembinaan akhlak siswa, penelitian yang relevan dan kerangka berpikir. Penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan salah satu metode deskriptif, dengan instrumen pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dan pengolahan datanya adalah secara kualitatif. Hasil penelitian ini 1) Kerjasama yang dilakukan oleh guru dan orangtua diantaranya adalah guru dan orangtua saling memberikan informasi, mengadakan surat antara sekolah dan keluarga, saling kunjung mengunjungi antara guru dan orangtua, adanya daftar nilai atau raport. 2) yang menjadi kendala kerjasama guru dan orangtua, yaitu kesibukan orangtua dalam mencari nafkah, kehidupan keluarga yang tidak harmonis, pendidikan orangtua yang rendah. Sedangkan pendukung kerjasama guru dan orangtua adalah tempat tinggal guru dan orangtua siswa yang berdekatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Guru; Orangtua; Akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 08:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 08:04 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3210 |
Actions (login required)
View Item |