Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan batik motif mandailing (studi kasus pada Gallery Narisya Panyabungan)

Nasution, Siti Aisyah (2019) Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan batik motif mandailing (studi kasus pada Gallery Narisya Panyabungan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 402 00171.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Gallery Narisya adalah pelopor batik motif Mandailing dengan merek Narisya yang memiliki posisi kuat ditengah pasar yang kompetitif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pemasaran yang dilakukan Gallery Narisya masih kurang efektif karena masih banyak masyarakat Mandailing yang belum mengetahui adanya batik motif Mandailing di daerah Panyabungan, serta target penjualan yang belum tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan batik motif Mandiling (studi kasus pada Gallery Narisya Panyabungan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan batik motif Mandailing (studi kasus pada Gallery Narisya Panyabungan). Kegunaan penelitian ini yaitu sebagai alat menambah ilmu pengetahuan bagi peneliti dan sebagai referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya untuk lembaga pendidikan dan sebagai alat untuk perbaikan bagi perusahaan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan batik motif Mandailing (studi kasus pada Gallery Narisya Panyabungan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, instrument pengumpulan data adalah primer dan skunder dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Proses menganalisis data yaitu matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh matriks SWOT yaitu dengan Strategi SO memperketat kontrol kualitas produk dan kontrol di penjahit, melakukan kegitan promosi dalam menarik minat konsumen. Strategi WO memanfaatkan sumber daya keuangan yang ada di sekitar, mengusahakan pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia. Strategi ST melakukan perhitungan pengeluaran untuk efesiensi biaya agar dapat sesuai dengan anggaran yang diberikan. Strategi WT membangun strategi pemasaran untuk dapat bersaing di pasar yang terbuka secara global.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Pemasaran dan Penjualan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:41
Last Modified: 07 Jul 2020 03:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item