Harahap, Yuni Nazifah (2017) Strategi guru dalam pembinaan karakter siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 310 0082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari semakin banyaknya siswa yang tidak berkarakter. Krisis karakter sudah menjadi hal yang biasa dan mudah dijumpai pada kalangan siswa. Maka muncul rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana karakter Siswa, Bagaimana strategi guru dalam pembinaan karakter siswa, Apa kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian adalah: Untuk menggambarkan karakter siswa, Untuk menggambarkan strategi guru dalam pembinaan karakter siswa, Untuk menemukan kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi Guru dalam pembinaan Karakter siswa di SMA Negeri 1 Sosopan , sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendidikan karakter baik dari aspek pembelajaran maupun strategi dalam pembinaan karakter. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian ini adalah penelitian kualitataif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diambil adalah guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah 1) Karakter siswa di SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan memiliki tiga tampilan karakter yang tampak pada keseharian siswa. Yaitu : (a). Karakter Siswa yang menampilkan tentang pemahaman agama, siswa yang belum fasih membaca alqur’an, siswa tidak mengindahkan tata krama dan sopan santun, (b). Karakter Siswa yang berhubungan dengan kepribadiannya sendiri, siswa tidak jujur dan menampilkan sikap bertanggung jawab, siswa sering ketahuan mencontek pada saat ujian, (c). Karakter Siswa yang menampilkan hubungan dengan lingkungan, yaitu siswa belum sadar akan kebersihan lingkungan sekolah. 2) Strategi Guru dalam pembinaan Karakter Siswa di SMA Negeri 1 Sosopan kecamatan Sosopan yaitu sebagai berikut : (a) Pembinaan Karakter Siswa melalui kegiatan pembelajaran. Kegiatan rutin, Keteladanan, Ganjaran dan Hukuman. (b) Pembinaan Karakter Siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Keagamaan, Kesiswaan , Olahraga , Pramuka , OSIS, DPK (Dewan Perwakilan Kelas), PMR, dan Olimpiade. 3). Kendala yang dihadapi guru dalam pembinaan karakter siswa di SMA Negeri 1 Sosopan. (a) Kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, (b) Siswa tidak konsentrasi dalam belajar, (c) Materi pelajaran yang dianggap sulit, (d) tidak terjalinnya hubungan yang harmonis antara guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi guru; Pembinaan karakter siswa; SMA Negeri 1 Sosopan Kecamatan Sosopan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 03:14 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 03:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3197 |
Actions (login required)
View Item |