Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah Al Fatihah ayat 1-7

Harahap, Rahmadiana (2017) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah Al Fatihah ayat 1-7. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini bahwa Al-Qur’an merupakankalamAllah SWT, yang diturunkankepadaNabi sekaligus Rasul terakhir (Muhammad SAW)melaluiperantaraanMalaikatJibril. Al-Qur’an sebagaisumberutamaajaran agama Islam mencakupajarantentangI’tiqad (keyakinan), akhlak (etika), sejarah, sertaamaliyah (tindakanpraktis). Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana penafsiran surah al-Fatihah ayat 1-7, dan 2)Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1-7. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1-7. Sedangkan kegunaan penelitian ini memperkaya khazanah keilmuan seputar penafsiran ayat-ayat tentang pendidikan Islam, dan menambah pengetahuan baru tentang banyaknya pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an khususnya Al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1-7. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primerdan skunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti yaitu Al-Qur’ansurah al-Fatihah ayat 1-7. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer.Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tafsir tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh Al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam Al-Qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat ditafsirkan, seperti pengertian kosa kata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayat-ayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Hasil penelitian yang penulis temukan dalam Al-Qur’an surah al-Fatihah ayat 1-7didalamnya terdapat kandungan nilai-nilai pendidikan yang meliputi: (1) Nilai pendidikan keimanan yaitu, yang terkandung mencakup keimanan adanya petolongan Allah, kasih sayang Allah adanya bukti bahwa tidak semua yang bekuasa itu pasti menang, (2) Nilai pendidikan ibadah yaitu, seorang muslim mempunyai kewajiban dengan melaksanakan perintah Allah, (3) Nilai pendidikan hukum agama yaitu yang mengandung kebutuhan manusia terhadap jalan yang lurus, (4) Nilai pendidikan kisah/sejarah yaitu tentangkisah orang yang mendapatkankenikmatandan orang yang mendapatkanmurkadankesesatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan Islam; nilai-nilai; surah Al Fatihah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:43
Last Modified: 07 Jul 2020 02:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item