Simatupang, Timbul Hanaehan (2018) Implementasi peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jabalul Madaniyah Sijungkang Kecamatan Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00161.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah skripsi ini adalah dalam mengimplementasikan peraturan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jabalul Madaniyah Sijungkang kecamatan Angkola Timur masih ada peserta didik yang melanggar peraturan tersebut seperti tidak menggunakan atribut lengkap ( papan nama, lambing sekolah dan lambing ikhlas beramal), masih ada siswa siswi yang dating terlambat kesekolah dari waktu yang ditetapkan yaitu pukul 07. 30 wib dan masih ada siswa yang tidak memakai sepatu serta memakai kain sarung bagi laki-laki. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa, bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa, apa hambatan guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengimplementasian peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa, untuk mengetahui upaya guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa, dan untuk mengetahui hambatan guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan Islam, sehubungan dengan itu teori-teori yang digunakan berkaitan dengan peraturan madrasah dan tinjauan tentang disiplin. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru BK, wali kelas dan siswa. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan riset lapangan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik penjaminan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil yang ditemukan di lapangan bahwa pengimplementasian peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa sudah baik karena peraturan diimplementasikan dengan menyeluruh dan tegas. Upaya guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa dengan cara tauladan, pengawasan, mensosialisasikan dan mengevaluasi. Hambatan guru dalam mengimplementasikan peraturan madrasah dalam meningkatkan disiplin siswa yaitu kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua tentang sikap perilaku yang baik, adanya rasa malu dalam diri siswa untuk berkonsultasi kepada guru, ketidak tegasan dalam menjatuhkan sanksi, dan adanya sanksi yang tidak seragam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi Peraturan Madrasah; Disiplin |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 02:51 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 02:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3183 |
Actions (login required)
View Item |