Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Identifikasi kemampuan pemecahan masalah logaritma pada siswa kelas X PI-1 Boarding School SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan

Sari, Hikma (2017) Identifikasi kemampuan pemecahan masalah logaritma pada siswa kelas X PI-1 Boarding School SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah berdasarkan studi pendahuluan peneliti bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi logaritma masih tergolong rendah. Salah satu kelemahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma ini yaitu kurang memahami akan sifat-sifat logaritma,siswa lemah pada materi perpangkatan, sementara kita kethui bahwa logaritma adalah kebalikan dari pada perpangkatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa dalam memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali jawaban, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah logaritma pada siswa kelas X PI-I Boarding School SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisa data pada penelitian ini dengan analisis data terdiri dari tiga sub proses yang saling terhubung, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwadalam memhami masalah Siswa dapat menuliskan maupun mengungkapkan apa yang diketahui dan yang ditanyakan Siswa juga tidak mengalami masalah dalam menentukan syarat yang diperlukan untuk menyelesaiakan permasalahan. Kemampuan siswa dalam menyusun rencana untuk menyelesaikan soal logaritma dikategorikan tidak bisa disebabkan kurang mampu memahami rumus dan sifat-sifat logaritma. Kemampuan pelaksanaan rencana untuk menyelesaikan soal logaritma tidak sepenuhnya semua siswa mampu menyelesaikan soal disebabkan kurang mampu mengoperasikan perhitungan logaritma pada soal. Kemudian kurangnya pemahaman siswa menentukan nilai dari logaritma. Jika soal yang diberikan berbentuk perpangakatan, bilangan desimal dan pecahan maka siswa kewalahan dalam menyelesaikannya. kemampuan siswa dalam memeriksa kembali jawaban soal logaritma kurang bisa disebabkan siswa lemah dalam memahami sifat-sifat logaritma, di samping kurangnya pemahaman siswa tentang memutarbalikkan hasil jawabannya sehingga tidak mampu membuktikan sendiri apakah jawaban yang diberikan itu benar atau tidak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemecahan masalah siswa; Logaritma
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 07 Jul 2020 02:47
Last Modified: 07 Jul 2020 02:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item