Daulay, Madina (2017) Upaya meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model TAI (team assisted individualy ) pada SPLDV di kelas VIII-2 SMPN 1 Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang selalu pasif dalam pembelajaran matematika, kurangnya rasa tanggung jawab siswa terhadap pendapat yang disampaikannya dan rendahnya rasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah yang diberikan sehingga siswa terbiasa mencontek kepada siswa yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Team Assisted Individualy (TAI) siswa kelas VIII pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMPN 1 Barumun Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMPN 1 Barumun Tengah sebanyak 24 siswa terdiri dari 10 perempuan dan 14 laki-laki. Untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan 2 instrument pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dan tindakan akan dihentikan jika memperoleh ketuntasan minimal nilai ≥ 75 dan ketuntasan klasikal apabila mencapai 80 dari jumlah siswa yang tuntas belajar. Pada penelitian ini dilaksanakn dengan 2 siklus yaitu siklus I dan II. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Penerapan model TAI dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas VIII-2 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di SMPN 1 Barumun Tengah dengan tingkat persentase siklus I pertemuan I 49,96%, siklus I pertemuan II 59,70%, siklus II pertemuan I 77,76% dan siklus II pertemuan II 87,50%. Model TAI juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-2 SMPN 1 Barumun tengah dengan tingkat persentase siklus I pertemuan I 37,5%, siklus Ipertemuan II 50%, siklus II pertemuan I 62,5% dan siklus II pertemuan II 83,3% sehingga dapat disimpulkan model TAI dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-2 pada materi SPLDV di SMPN 1 Barumun Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model TAI (Team Assisted Individually); Partisipasi dan hasil belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 02:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 02:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3174 |
Actions (login required)
View Item |