Hasibuan, Ridul Zannah (2017) Analisis manajemen pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP 1 Negeri Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Manajemen pengelolaan kelas adalah sebagai proses perencanaan pengornganisasian, pengarahan, dan pengawasan suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya apabila terjadi gangguan dalam proses belajar-mengajar. Tindakan manajemen pengelolaan kelas adalah tindakan yang dilakukan oleh guru dalam rangka penyediaan kondisi yang optimal agar proses belajar mengajar berlangsung efektif. Tindakan guru tersebut dapat berupa tindakan pencegahan yaitu dengan jalan menyediakan kondisi baik fisik maupun kondisi sosio-emosional sehingga terasa benar oleh siswa rasa kenyamanan dan keamanan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan kelas yang dilaksakan guru matematika SMP Negeri 1 Barumun Tengah, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru matematika dalam menerapkan manajemen pengeloaan kelas dan untuk mengetahui upaya guru dalam memecahkan masalah menejemen pengeloaan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitati deskriftif, subjek penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling merupakan pengambilan sampel dengan maksud atau tujuan tertentu. Seseorang atau sesuatu diambil sebagai sampel karena peneliti menganggap bahwa seseorang atau sesuatu tersebut memiliki informasi yang diperlukan bagi penelitiannya. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah manajemen pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Barumun Tengah terlaksana, tetapi manajemen pengelolaan kelas yang seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian yang dilakukan guru matematika masih perlu di tingkatkan agar manajemen pengelolaan kelas menjadi epektif dan efisien. Adapun kendala yang dihadapi guru matematika dalam mengelola kelas di SMP Negeri 1 Barumun Tengah ialah kendala yang bersifat perorangan dan kendala yang bersipat kelompok. Bersifat perorangan ialah kurangnya keamauan siswa untuk belajar, dan yang bersifat kelompok ialah kurangnya kekompakan siswa dalam kelompok. Upaya guru dalam meningkatkan manajemen pengeloaan kelas di kelas VIII SMP Negeri 1 Barumun Tengah adalah upaya dari segi individu, dan upaya dari segi kelompok. Upaya meningkatkan manajemen pengelolaan kelas dari segi individu guru matematika harus menjadi guru yang bijak dalam menangani masalah individu, sedangkan upaya yang diatasi guru matematika dalam meningkatkan masalah kelompok ialah guru harus mampu mengatasi siswa dari pengaruh negatif teman lain dalam satu kelompok, dan mampu membuat kelompok menjadi efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan kelas, Pembelajaran matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 01:27 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 01:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3172 |
Actions (login required)
View Item |