Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika Pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 8 Pijor Koling, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan

Fadilah, Ummul (2018) Problematika Pembelajaran Pendidikan agama Islam di SMP Negeri 8 Pijor Koling, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada semester genap di SMP Negeri 8 Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan, problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada semester genap di SMP Negeri 8 Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan dan upaya yang dilaksanakan untuk keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada semester genap di SMP Negeri 8 Pijor Koling, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan proses belajar mengajar pendidik dan anak didik sesuai dengan ruang lingkup dan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi aspek akidah, syariah dan ihsan agar ilmu yang diajarkan berkah sehingga membawa generasi penerus bangsa kearah yang lebih baik, tidak menutup kemungkinan adanya permasalahan-permasalahan yang timbul, khususnya pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti pada guru, siswa dan sarana prasarana. Dengan demikian, harus ada upaya untuk keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam agar bisa mengurangi problem-problem yang sudah ada baik itu upaya dari guru, siswa maupun pihak sekolah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan diperoleh dari informen yaitu guru Pendidikan Agama Islam, siswasiswi serta staf tenaga pengajar lainnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, menyeleksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan waktu, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan sesuai dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran x 40 menit dalam seminggu yang berpatokan dengan sistem pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang mengedepankan penilaian sikap dan pengetahuan siswa. Problematika pembelajaran PAI terdiri dari problematika guru PAI yaitu minimnya kompetensi paedagogik guru dalam menggunakan metode pembelajaran maka guru harus belajar memvariasikan dengan metode yang lain, ketidakpaduan jam pelajaran yang disediakan maka guru harus memanfaatkannya dengan baik. Problematika siswa yaitu kurang memahami materi yang diajarkan guru maka siswa harus lebih giat belajar, belum bisa menulis dan membaca al-Quran dengan lancar dan baik sesuai dengan tajwid maka siswa les privat dengan guru mengaji atau dengan orang tua di rumah. Problematika sarana prasarana yaitu terbatasnya media pembelajaran yang hanya menggunakan spidol, papan tulis dan buku paket saja maka guru memanfaatkan fasilitas pribadi seperti HP, laptop dan speaker serta pihak sekolah juga berupaya untuk menambah fasilitas demi keberhasilan pembelajaran PAI. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada semester genap di SMP Negeri 8 Pijor Koling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan terdapat pada guru meliputi variasi metode masih banyak yang belum digunakan maka guru harus terus mencoba memvariasikan metode baru yang sesuai dengan materi dan ketidakpaduan jam pelajaran maka harus dimanfaatkan dengan baik, pada siswa meliputi kurang memahami materi maka harus lebih tekun/giat belajar dan masih ada yang belum bisa membaca dan menulis al-Quran maka les dengan guru mengaji atau dengan orang tua. Serta pada sarana prasarana meliputi media pembelajaran masih terbatas sehingga pihak sekolah harus terus menambah alat-alat yang dibutuhkan untuk tercapainya proses pembelajaran PAI dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan agama islam; pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 09 Apr 2020 06:17
Last Modified: 16 Apr 2020 13:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item