Harahap, Nila Sari (2018) Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Adira (studi kasus mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah IAIN Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 402 00081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Padangsidimpuan harus teliti dalam memilih pilihan dari berbagai merek AMDK yang memiliki kualitas dan brand image yang baik. Mahasiswa jurusan ekonomi syariah, lebih banyak membeli AMDK Adira dibandingkan AMDK lainnya. Oleh karena itu pasti ada faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa mengkonsumsi AMDK Adira. Rumusan masalah menjelaskan apakah kualitas produk dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian AMDK Adira. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian AMDK Adira pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Manfaat pelitian ini bagi penulis, bagi, bagi IAIN Padangsidimpuan dan bagi peneliti selanjutnya. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kualitas produk, brand image, dan keputusan pembelian serta bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 23. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah mahasiswa jurusan ekonomi syariah IAIN Padangsidimpuaan yang berjumlah 1.241 orang dan sampelnya sebanyak 93 orang. Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,636 artinya korelasi antara variabel kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai R2 sebesar 0,405 atau 40,5 % menunjukkan variabel kualitas produk dan brand image mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 59,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian AMDK Adira dengan nilai -thitung < -ttabel atau thitung > ttabel (-3,304 < -1,662 atau 3,304 > 1,662). Variabel brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian AMDK Adira dengan nilai –thitung < -ttabel atau thitung > ttabel (-5,115 < -1,622 atau 5,115 > 1,622). Berdasarkan hasil uji simultan kualitas produk dan brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian AMDK Adira pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung > Ftabel (30,620 > 2,36).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas Produk; Brand Image; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 08:29 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 08:29 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3150 |
Actions (login required)
View Item |