Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan

W.G, Nur Mawaddah (2019) Penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kegiatan belajar mengajar Fikih di MTsN 2 Padangsidimpuan yang terlalu monoton dan kurang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian yang dapat meningkatkan hasil belajar Fikih. Metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual peneliti pilih untuk meningkatkan hasil belajar Fikih siswa kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran empiris tentang penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah 34 orang Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data observasi, dan tes. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan metode targhῑb wa tarhῑb dengan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih kelas VII-5 MTsN 2 Padangsidimpuan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 58,82%, siklus II 70,58%, dan siklus III 85,29%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Targhῑb Wa Tarhῑb; Media Audiovisual; Hasil Belajar; Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:46
Last Modified: 06 Jul 2020 04:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item