Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi salat di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan

Smj, Imah Handayani (2019) Pengembangan lembar kerja siswa berbasis kontekstual pada materi salat di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sumber belajar, metode atau strategi terlalu monoton dan kurang tepat dalam penyampaian materi sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran fikih di kelas berupa pengembangan LKS berbasis kontekstual. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran fikih pada materi salat berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS dalam pembelajaran fikih pada materi salat berbasis kontekstual di MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelian ini adalah siswa kelas VII MTs. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTsN 2 Padangsidimpuan yang berjumlah 39 siswa. Pada instrumen penelitian dilakukan tahap validasi. Validator memberikan penilaian terhadap tingkat kevalidan LKS, sedangkan siswa menilai tingkat kepraktisan LKS berbasis kontekstual yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian yang didapatkan adalah LKS berbasis kontekstual valid dan parktis. Proses validasi LKS hanya dilakukan satu kali dengan tiga validator yaitu validasi pertama mendapatkan persentase 93,18%, validasi kedua mendapatkan persentase 96,59 dan validasi ketiga mendapatkan persentase 81,81% dengan ratarata persentase 89% dengan kategori “Sangat Valid” dan praktikalitas berdasarkan angket respon siswa dari aspek ketertarikan (90%) , materi (70%), motivasi (85%), dan kepraktisan (86%) dengan memperoleh persentase 81,9% dengan kategori “Sangat Praktis”. Dengan demikian LKS hasil pengembangan dapat digunakan sebagai bahan ajar dan sumber belajar untuk siswa MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Fikih; Kontekstual
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:09
Last Modified: 06 Jul 2020 04:09
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3124

Actions (login required)

View Item View Item