Daulay, Ramda Nur Adelima (2019) Strategi pembelajaran guru akidah akhlak di MTs Al-Amin MompangKecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah penelitian ini bahwa strategi pembelajaran guru akidah akhlak di MTs Al-Amin Mompang dalam bidang studi akidah akhlak terdapat baik di karnakan strategi pembelajar yang di pakai guru tercapai. ini terbuktik dengan nilai akidah akhlak yang mereka peroleh baik dari segi kognitif, efektif dan psikomotorik. Adapun yang menimbulkan masalah dalam penelitian ini bahwa apa saja strategi pembelajaran yang digunakan guru akidah akhlak dalam melaksanakan strategi pembelajaran siswa, dan apa faktor pendukung dan hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan strategi pembelajara siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran guru akidah akhlak dan faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan strategi pembelajaran akidah akhlak di Mts Al-Amin Mompang kecamatan Barumun kabupaten Padang Lawas. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka digunakan metode kualitatif deskriftif yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala gejala yang ada pada saat penelitian ini. Adapun responden atau informan peneliti ini adalah Guru Akidah Akhlak dan Siswa/i tingkat Sanawiyah. Kemudian instrumen pengumpulan datanya adalah observasi, dan wawancara. teknik analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa Guru Akidah Akhlak menggunakan strategi pembelajaran. Adapun strategi yang digunakan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran siswa sebagai berikut: strategi pembelajaran Konversional (metode ceramah misalnya seorang guru menjelaskan tujuan pelajaran yang akan disampaikan dan guru memberikan motivasi kepada siswa tersebut, diskusi misalnya seorang guru memberikan tugas kepada siswa dengan cara diskusi sama temannya minimal 4 orang perkelompok setiap kelompok memberikan pendapatnya sehingga teman yang lain mendengarkan pendapat yang menjelaskan tugas yang diberikan guru, metode tanya jawab), strategi pembelajaran PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan), strategi pembelajaran Alternatif pembelajaran (ekspositori, contextual teaching and learning).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 03:58 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3123 |
Actions (login required)
View Item |