Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode drill dalam meningkatkan hapalan surah-surah pendek mata pelajaran tahfidz siswa kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Ritonga, Romaito Agustina (2019) Penerapan metode drill dalam meningkatkan hapalan surah-surah pendek mata pelajaran tahfidz siswa kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Rendahnya motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur’an merupakan salah satu penyebab rendahnya multi pendidikan terutama kemampuan dalam bidang pendidikan agama Islam, melihat fenomena ini usaha yang dilakukan adalah melakukan peningkatan mutu pendidikan baik dari aspek sekolah dan non sekolah di antaranya membentuk siswa berkarakter dan berfikir secara Qur’an dengan cara menerapkan pembelajaran hapalan surah-surah pendek Sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasinya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hapalan Surah-Surah Pendek Kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara? (2) Bagaimana Tingkat Hasil Hapalan Surah-Surah Pendek Mata Pelajaran Tahfidz Siswa Kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hapalan Surah-Surah Pendek Kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. (2) Mengetahui Hasil Dari Hapalan Surah-Surah Pendek dan Hasil Belajar Melalui Metode Drill Kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap pertemuan memiliki 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Islamiyah Padanggarugur yang berjumlah 31 orang. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan tes. Hasil Penelitian ini adalah hapalan siswa pada mata pelajaran tahfidz dapat meningkat melalui penerapan metode drill, bahwa adanya peningkatan terhadap hasil hapalan (10 ayat hingga 19 ayat) dan belajar siswa dari Siklus I 32,26% dan Siklus II 90,32%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode drill; Hapalan surah pendek
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 06 Jul 2020 09:11
Last Modified: 06 Jul 2020 09:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item