Dongoran, Ummi Kalsum (2017) Pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat di kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran disebabkan cara yang digunakan guru lebih sering dengan metode ceramah. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) agar siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa juga meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan teknik sampel purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 125 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu kelas VII3 sebanyak 25 siswa dan kelas VII5 sebanyak 26 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Dari hasil pengujian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada postes yaitu 88,5 lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu 83. Sedangkan hasil uji-t diperoleh yaitu 7,890 > 1,68 yang menunjukkan diterima dan ditolak. Yaitu terdapat pengaruh signifikan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Bilangan Bulat di Kelas VII MTsN 2 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil belajar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 01:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 01:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3119 |
Actions (login required)
View Item |