Rangkuti, Fatimah Husna (2017) Perbandingan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi di Jurusan Tadris/Pendidikan Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0087.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi, dan banyaknya pendapat menjadi seorang mahasiswa aktivis, pentingnya berprestasi dan berorganisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan yang signifikan pada perbandingan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi di jurusan tadris/pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif (aktivis) dan tidak aktif (nonaktivis) dalam organisasi di jurusan tadris/pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini dapat memberikan gambaran mengenai perbandingan prestasi belajar antara mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi di jurusan tadris/pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan prestasi belajar, mahasiswa yang aktif dan tidak aktif berorganisasi. Perbandingan yang dimaksud disini adalah prestasi akademik (IP) yang diambil dari KHS mahasiswa semester V dan mahasiswa semester VII tahun akademik 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan tadris/pendidikan Matematika semester Vdan VII IAIN Padangsidimpuan, sedangkan sampelnya adalah 73 orang mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi. Kemudian menggunakan rumus t-test dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah total prestasi belajar mahasiswa aktivis ( )246,48 adalah dengan mean ( M ) = 3,38 yang berada pada standar nilai B atau predikat Baik. Sedangkan mahasiswa nonaktivis ( ) = 217,2 dengan mean ( M ) = 2,99 yang berarti berada pada standar nilai C+ atau berpredikat sangat cukup. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5% dan 1% diperoleh bahwa >sehingga terbukti terdapat perbandingan prestasi belajar yang signifikan (berarti) antara prestasi belajar mahasiswa yang aktif dan tidak aktif dalam organisasi di jurusan tadris/pendidikan Matematika IAIN Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi belajar; Mahasiswa aktivis dan nonaktivis; Organisasi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 01:41 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 01:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3118 |
Actions (login required)
View Item |