Lubis, Nur Asiyah (2017) Upaya meningkatkan kemampuan berhitung pembagian dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0103.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Guru yang kurang memiliki keterampilan dan kreativitas dalam mengajarkan matematika dapat mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh, cara yang digunakan guru adalah menghafal atau mengingat rumus maupun proses penyelesaian masalah membebani otak siswa karena kemampuan tiap siswa berbeda-beda dalam menghafal.Berdasarkan data awal tahun 2014/2015 dan 2015/2016 menunjukkan bahwa kemampuan berhitung Pembagian siswa masih tergolong rendah yaitu dari 18 siswa hanya 8 siswa yang tuntas dan dari 24 siswa hanya 8 siswa yang tuntas.Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung Pembagian pada siswa kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kecamatan Kotanopan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 195 Pagaran Baru, 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan statistika dengan mencari rata-rata nilai siswa dan persentasi ketuntasan belajar yang disajikan dalam bentuk tabel. Berdasarkan penelitian terdahulu dan hasil pelakasanaan tindakan dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung Pembagian siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan metode jarimatika. Pada siklus I adanya peningkatan 47,36% atau 9 siswa menjadi 61,90% atau 13 siswa dengan peningkatan sebesar 14,54%. Refleksi pada siklus I untuk memperbaiki kesahalan/kekurangan dengan memberikan hadiah/reward selain itu masing-masing kelompok menyiapkan yel-yel dan memberikan nama kelompok masing-masing dengan nama yang disukai. Pada siklus II 73,68% atau 14 siswa meningkat menjadi 78,95% atau 15 siswa dengan peningkatan sebesar 5,26%. Hasil refleksi menunjukkan bahwa penggunaan metode Jarimatika sudah sesuai dengan target yaitu persentasi ketuntasan belajar lebih dari 70% maka pada siklus II pertemuan ke-2 penelitian ini dihentikan dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 43,36%. Dengan demikian berarti penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung Pembagian pada siswa III SD Negeri 195 Pagaran Baru Kecamatan Kotanopan. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung Pembagian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berhitung pembagian; Metode jarimatika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 01:58 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 01:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3116 |
Actions (login required)
View Item |