Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis minat belajar matematika siswa (studi di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Panyabungan)

Ilmiah, Nur (2017) Analisis minat belajar matematika siswa (studi di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Panyabungan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bahwa siswa kelas VIII siswanya didominasi oleh siswa yang ingin bermain dan mulai memasuki masa pubertas. Di antara kelas VIII-1 sampai dengan kelas VIII-10 peneliti memilih kelas VIII-1 sebagai subjek penelitian karena Kelas VIII-1 ini merupakan kelas unggulan dan nilai rata-rata rapot siswa di kelas ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat belajar Matematika siswa di Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan, Masalah apa yang dihadapi guru dan siswa terkait minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan, Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan dan Bagaimana proses pembelajaran dalam mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Panybungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan minat belajar Matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Panyabungan, mengkaji masalah yang dihadapi guru dan siswa terkait dengan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan, memproleh gambaran tentang upaya guru dalam mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan dan memproleh gambaran tentang proses pembelajaran dalam mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif jenis Grounded Theory. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri atas wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dilaksanakan dengan cara kualitatif, yaitu dengan menggunakan metode berfikir induktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah minat siswa dalam belajar Matematika di Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan dikategorikan baik. Masalah yang dihadapi guru terkait minat belajar Matematika siswa di Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan adalah perbedaan siswa yang berkemampuan tinggi, berkemampuan menengah dan berkemampuan rendah saat menjelaskan pelajaran. Sedangkan masalah yang dihadapi siswa terkait minat belajar matematika adalah siswa yang berkemampuan menengah dan rendah saat belajar Matematika di kelas, kesulitan dalam perhitungan Matematika dan menghafal rumus. Upaya guru mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan adalah mempersiapkan perencanaan pembelajaran yaitu tujuan intruksional, bahan pengajaran, kegiatan belajar, metode, media pembelajaran serta evaluasi, mempersiapkan humor-humor ringan yang dapat mengundang tawa siswa, dengan tujuan agar menghindari kejenuhan atau kebosanan dalam belajar Matematika. Proses pembelajaran dalam mengembangkan minat belajar Matematika siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 2, Panyabungan adalah pendahuluan: guru membuka pelajaran dengan memotivasi siswa dan memberikan pengarahan tentang arah pembelajaran yang akan diajarkan. Penyajian: guru menyampaikan materi dengan baik sehingga mempermudah siswa untuk memahaminya dan suka untuk mempelajari materi Matematika. Menutup pelajaran guru merangkum materi yang telah disampaikan, menyampaikan kepada siswa materi apa selanjutnya yang akan dipelajari dan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode kualitatif; Minat belajar matematika, Grounded theory
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Jul 2020 09:05
Last Modified: 03 Jul 2020 09:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item