Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Profesionalitas guru dalam pengembangan materi pendidikan Agama Islam Di Mts Lkmd Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar

Pane, Siti Hajar Br (2019) Profesionalitas guru dalam pengembangan materi pendidikan Agama Islam Di Mts Lkmd Kasikan Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang profesionalitas guru dalam pengembangan materi PAI yang dilatarbelakangi berbagai masalah, antara lain: guru kurang menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan, guru sering kali menggunakan metode yang sama saat mengajar, kurang terampil dalam pengelolaan kelas saat proses belajar berlangsung, siswa ribut saat proses belajar mengajar berlangsung sehingga diharapkan guru profesional dalam mengajar ilmu pendidikan agama islam saat proses pembelajaran dengan cara guru memberikan motivasi dan nasehat kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana profesionalitas guru dalam pengembangan materi pendidikan agama islam di MTs LKMD Kasikan dan apa saja kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan materi pendidikan agama islam di MTs LKMD Kasikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profesionalitas guru dalam pengembangan materi pendidikan agama islam di MTs LKMD Kasikan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan materi pendidikan agama islam di MTs LKMD Kasikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sumber data yang dibutuhkan dan diperoleh dari informan utama dan skunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah klasifikasi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian bahwa kondisi profesionalitas guru dalam pengembangan materi PAI di MTs LKMD Kasikan menunjukkan guru sudah profesional atau tergolong baik dalam beberapa hal praktek seperti: tingginya aktivitas guru dalam membangkitkan perhatian dan minat pesreta didik, membuat urutan dalam pembelajaran, menghubungkan pelajaran dengan pengetahuan peserta didik, menjelaskan materi secara berulang-ulang, mengkaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari, mampu menjaga konsentrasi, kemampuan guru dalam membina hubungan sosial dan memahami perbedaan individu peserta didik dalam proses pembelajaran, kendala guru dalam pengembangan materi PAI di MTs LKMD Kasikan adalah perbedaan IQ antara peserta didik, kesulitan dalam menentukan media dan metode yang tepat untuk mengajar, kesulitan dalam mengevaluasi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Profesionalitas Guru; materi; pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:26
Last Modified: 03 Jul 2020 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3098

Actions (login required)

View Item View Item