Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode quantum teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Muarasipongi

Halomoan, Sakti (2017) Pengaruh metode quantum teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Muarasipongi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 330 0113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi segitiga khususnya luas dan keliling segitiga dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika ditinjau dari hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara metode quantum teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Muarasipongi. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode quantum teaching terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Muarasipongi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 48 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik eksperiment test, dimana kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda ( multiple choice ). Adapun tekhnik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan rata-rata dan uji-t, serta uji normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 71,16 dan nilai rata-rata pada kelas control adalah 66,8. Dan berdasarkan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 7,815 dan ttabel = 1,681. Karena (thitung = 7,815 >ttabel = 1,681), maka Haditerimayaituadapengaruh yang signifikan melalui metode quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga di kelas VII SMP Negeri 1 Muarasipongi. Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa materi segitiga dikelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang ditinjau dari keempat indikator hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode quantum teaching; Hasil belajar matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:31
Last Modified: 04 Jul 2020 07:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item