Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan konsep diri dengan prestasi siswa pada bidang pendidikan agama Islam di mtsn Batang Angkola

Safitra, Ade (2016) Hubungan konsep diri dengan prestasi siswa pada bidang pendidikan agama Islam di mtsn Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100137.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah siswa belum mengetahui konsep diri yang ada pada dirinya misal setelah tammat sekolah kemana siswa akan menyambung serta belum mengetaui cita-citanya. Oleh karena itu, perlu sekali di tanamkan lebih dalam tentang pelajaran ini yaitu melalui tenaga pendidik dilengkapi materi atau pelajarannya melalui Aqidah Akhlak supaya Siswa menjadi insan yang sempurna atau berparipurna. Khususnya di MTsN Batang Angkola Desa Tolang Julu. Rumusan masalahnya yaitu: Bagaimana konsep diri siswa di MTsN Batang Angkola. Berdasarkan rumusan yang di atas, maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah Mengetahui konsep diri siswa di MTsN BatangAngkola Desa Tolang Julu. Pembahasan ini berkaitan dengan Bidang Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah tentang konsep diri atau bisa di katakana Aqidah akhlak. Untuk Mengetahui dengan mudah dalam skripsi ini. Maka adapun metode yang dilakukan yaitu metode kuantitatif atau metode yang melakukan suatu perhitungan, kemudian jenis pendekatannya dengan menggunakan korelasi dengan tujuan supaya mengetahui tingkat hubungan antara konsep diri dengan prestasi siswa. Selanjutnya instrument pengumpulan datanya dengan menggunakan angket dan documen atau arsip. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah konsep diri di kelas VIII 2 MTsN Batang Angkola berada pada kategori kurang baik dengan rata-rata 25,4 Prestasi belajar siswa di kelas VIII 2 kualitas prestasi belajar siswa tergolong baik dengan frekuensi 26 orang dan persentase 65 %. Dengan demikian dapat disimpulkan rxy (1,230) ≥ dari r tabel pada taraf signifikan 5% (0,312), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan antara konsep diri siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VIII 2 pada bidang pendidikan agama Islam khususnya aqidah ahlak di MTsN Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsep Diri; Prestasi Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:57
Last Modified: 03 Jul 2020 03:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3087

Actions (login required)

View Item View Item