Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Juwairiyah (2015) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113100155.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang materi Pendidikan Agama Islam tidak sesuai dengan prestasi belajar yan diraih oleh siswa. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya jam pelajaran pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kurangnya minat serta motivasi dari dalam diri siswa untuk mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa serta bagaimanakah prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa, seperti prestasi belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, serta Pendidikan Agama Islam pada tingkat satuan di SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif, yaitu menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang sistematis terhadap data yang diperoleh di lapangan untuk memperoleh kesimpulan. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan observasi atau pengamatan langsung dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Hasil dari penelitian ini adalah menjabarkan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yakni faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri sendiri seperti kecerdasan (Inteligensi), kondisi jasmaniah atau fisiologis, sikap, minat, bakat dan motivasi, sedangkan faktor kedua yakni faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri seperti faktor keluarga: suasana rumah, faktor sekolah seperti metode mengajar, kurikulum, hubungan guru dengan murid dan sebaliknya, disiplin sekolah, buku paket dan jumlah jam pelajaran serta faktor dari lingkungan sekitar seperti pengaruh dari teman sejawat. Adapun prestasi belajar siswa jika dilihat dari nilai angka tergolong pada nilai yang tinggi namun sebenarnya jika dilihat dari sisi pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam yang diajarkan kepada siswa tergolong pada kategori rendah, sebab pemahaman siswa tidak sesuai dengan hasil belajarnya. Adapun ranah yang peneliti gunakan dalam penelitin ini adalah ranah kognitif dan ranah psikomotorik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Prestasi Belajar Siswa; Bidang Studi Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:48
Last Modified: 03 Jul 2020 03:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item