Putri, Wijiati (2019) Implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 201 00009.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi penilaian autentik yang dilatarbelakangi oleh oleh munculnya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 yang berupaya menyempurnakan standar penilaian autentik. Sebenarnya dalam kurikulum KTSP sudah memberi ruang terhadap penilaian auentik, tetapi dalam implementasi di lapangan belum berjalan secara optimal sehingga melalui kurikulum 2013 ini penilaian autentik menjadi penekanan yang serius dimana guru dalam melakukan penilaian hasil belajar peserta didik benarbenar memerhatikan penilaian secara langsung dan menyeluruh yang dilakukan dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi Lebih Dekat kepada Allah Swt dengan Mengamalkan Salat Sunnah di kelas VIII.5 SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif ualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu Bapak Mampa Luffi, M.Pd. dan siswa kelas VIII.5 dengan jumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi penilaian autentik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti telah sesuai dengan teori, meskipun ada beberapa teknik yang belum terlaksana. Teknik penilaian yang digunakan untuk kompetensi sikap pada materi Lebih Dekat kepada Allah Swt dengan Mengamalkan Salat Sunnah dikelas VIII.5 adalah observasi dengan menggunakan instrument penilaian berupa daftar cek. Sedangkan penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan teknik tes lisan dan tes tertulis. Instrumen yang digunakan untuk tes lisan berupa daftar pernyataan. Instrumen tes tertulis berupa soal pilihan ganda dan uraian yang dilengkapi dengan pedoman penskoran. Dan untuk penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik berupa tes pratek dengan menggunakan instrumen penilaian berupa daftar skala penilaian yang dilengkapi rubrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penilaian Autentik; Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Budi Pekerti |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 03:12 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 03:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3078 |
Actions (login required)
View Item |