Salmah, Salmah (2014) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa di Madrasah Aliyah Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0246.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Kedisiplinan merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam suatu lembaga pendidikan. Kepemimpinan dan usaha kepala sekolah sangat mempengaruhi keberhasilan tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana disiplin siswa, apa upaya yang dilakukan dan apa kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan siswa, upaya yang dilakukan dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin siswa. Sedangkan kegunaannya adalah membuktikan kelayakan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan melalui usaha yang diterapkan kepala sekolah dan pertimbangan bagi kepala sekolah dan tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Pembahasan penelitian ini berkitan dengan bidang ilmu sosial, yaitu membahas tentang hubungan sesama manusia untuk mewujudkan tujuan yang ditetapkan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepala sekolah dan kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Adapun informan yang diteliti dalam penetilian ini adalah kepala sekolah, siswa, guru-guru, dan pegawai tata usaha Madrasah Aliyah Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, kedisiplinan siswa di Madrasah Aliyah Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan dalam pelaksanaan peraturan tentang kedisiplinan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Namun demikian, masih terdapat beberapa pelanggaran ringan yang harus diupayakan untuk dihilangkan. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kedisiplinan siswa, yaitu: pertama, merancang pembahasan tentang peraturan tata tertib disiplin sisiwa, kedua, mengadakan forum musyawarah dengan berbagai unsur kependidikan, ketiga, menetapkan hasil musyawarah dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kedisiplinan siswa yang sesuai dengan visi dan misi Madrasah. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam menjalankan upaya peningkatan disiplin siswa di Madrasah Aliyah Subulussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan adalah dipengaruhi dua faktor, yaitu: intern adanya sifat keterbatasan bagi manusia, dan dan ekstern yaitu, kurangnya pemahaman dan kesadaran untuk melakukan kedisiplinan, kurangnya kerja sama antara guru dan siswa, sehingga muncul anggapan bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan disiplin seolah-olah hanya tugas kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Anhar, M.A dan Muhlison, M.Ag |
Keywords: | Kepala Sekolah; Disiplin Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 03:06 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 08:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3077 |
Actions (login required)
View Item |