Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem solving pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng

Sari, Wilda (2017) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem solving pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat digunakan model pembelajaran Problem Solving yang mengaharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Aritmatika Sosial dikelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving di kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng. Melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving diharapkan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga pada akhirnya akan mampu memberikan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Aritmatika Sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving yang dilakukan mampu memperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok Aritmatika Sosial di kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng pada setiap siklus peningkatan kemampuan berpikir kritis terjadi pada keseluruhan berpikir kritis, sehingga diperoleh hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I pertemuan I dari 56,52% menjadi 65,21% siklus I pertemuan II dan pada siklus II pertemuan I dari 82,61% menjadi 86,96% siklus II pertemuan II. Dengan demikian peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VII-1 SMP N 2 Sihepeng yang dicapai melalui model pembelajaran Problem Solving sudah mencapai persentase paling tinggi dalam penelitian ini yaitu 86,96%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: berpikir kritis; problem solving; aritmatika sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:59
Last Modified: 03 Jul 2020 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3076

Actions (login required)

View Item View Item