Rido, Sujuan (2015) Hubungan berorganisasi terhadap motivasi belajar mahasiswa (studi terhadap kader hmi komisariat tarbiyah iain Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
083100060.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Berorganisasi menawarkan banyak aspek kegiatan dalam peningkatan akademik yaitu dengan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi bagian yang tak terpisahkan. Kegiatan dalam dunia perkuliahan menghantarkan mahasiswa mencapai keberhasilan belajar sedangkan kegiatan-kegiatan berorganisasi berperan meningkatkan mutu akademik dan mengembangkan potensi, minat dan bakat mahasiswa. Oleh karena itu secara teoritis kegiatan berorganisasi berhubungan terhadap semangat dan motivasi belajar mahasiswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah:1. Bagaimana aktivitas berorganisasi mahasiswa kader HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan ? 2. Bagaimana motivasi belajar mahasiswa kader HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan? 3. Apakah ada hubungan berorganisasi terhadap motivasi belajar mahasiswa kader HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan? Untuk menjawab masalah tersebut maka dilakukan penelitian dengan metode kuantitatif, untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara variabel yang diteliti, maka perhitungan korelasi product moment. Analisa korelasi dilanjutkan dengan analisis regresi sederhana. Mencari persamaan regresi sederhana adalahŷ= a + bx. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata responden untuk variabel berorganisasi diperoleh skor 77,41.Skor rata rata tersebut berada pada interval 61-80.Yang berarti kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang ikut aktif berorganisasi di HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan berada pada kategori kuat. Nilai rata-rata (mean) motivasi belajar mahasiswa IAIN Padangsidimpuan yang ikut berorganisasi sebesar 75. Skor rata-rata tersebut beradapada interval 61-80 .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mahasiswa IAIN Padangsidimpuan berada pada kategori kuat. Hipotesis yang berbunyi ada hubungan positip yang signifikan berorganisasi terhadap motivasi belajar mahasiswa (Studi terhadap Kader HMI Komisariat Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan) dapat diterima, karena rhitung=0,965> dari rtabel = 0,235. Artinya mahasiswa yang ikut berorganisasi termotivasi dalam belajar. Dalam hal ini sumbangan aktip berorganisasi terhadap motivasi belajar mahasiswa adalah 93,1%. Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berorhanisasi; Motivasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:49 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 02:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3073 |
Actions (login required)
View Item |