Fadilah, Iswah (2017) Analisis pemahaman konsep siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIII MTs Mardiyah Islamiyah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil ulangan siswa yang dipengaruhi oleh cara belajar dan minat siswa, kurangnya kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep serta kurang mampu membuat kesimpulan. Hal ini menunjukkan pemahaman siswa terhadap materi matematika terutama teorema Pythagoras masih sangat rendah. Rendahnya pemahaman matematika siswa terutama pada penguasaan materi, proses dan pengerjaan dalam matematika, tidak memahami konsep dari matematika, tidak mengerti lambang-lambang, serta tidak lancar menggunakan operasi dan prosedur. Berdasarkan latar belakang penelitian maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman konsep siswa pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Mardiyah Islamiyah Panyabungan yang berjumlah 32 siswa. Kemudian instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data berpedoman pada model Miles and Huberman. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi (mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep yang dimiliki siswa masih kurang. Banyak siswa yang tidak mampu menyelesaikan soal teorema Pythagoras dikarenakan tidak memahami konsep. Pemahaman konsep yang dimaksud adalah pengetahuan tentang konsep teorema Pythagoras dalam tujuh indikator, yaitu kemampuan dalam (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, (3) memberi contoh dan non contoh dari konsep, (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, (6) menggunakan prosedur atau operasi tertentu, (7) mengaplikasikan objek dan algoritma pemecahan masalah. Berdasarkan analisis jawaban siswa, masih banyak siswa yang tidak mampu dan kesulitan menjawab soal sesuai dengan indikator pemahaman konsep. Kesulitan maupun ketidakmampuan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal adalah siswa kurang memahami masalah maupun kurang memahami informasi yang diketahui dan ditanya pada soal, kurang mampu dalam menarik sebuah kesimpulan. Konsep dasar siswa untuk materi teorema Pythagoras juga kurang serta siswa tidak teliti dalam membaca setiap pertanyaan pada soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman konsep; teorema pythagoras |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 03:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 03:05 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3067 |
Actions (login required)
View Item |