Harahap, Nurmeiyana (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui demonstrasi benda konkrit pada siswa kelas III SD Negeri 100706 Siloung. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah keabstrakan matematika yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 100706 Siloung. Keabstrakan ini menyulitkan siswa dalam menyelesaikan materi pecahan sehingga siswa membutuhkan adanya alat peraga berupa benda konkrit. Maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan demonstrasi benda konkrit. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan demonstrasi benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas III SD Negeri 100706 Siloung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 100706 Siloung dengan subjek penelitian yaitu kelas III yang berjumlah 17 orang dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang dan perempuan 8 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, siklus1 dilaksanakan sebanyak dua pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 pertemuan dengan menggunakan demonstrasi benda konkrit. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata kelas adalah 55, 29 dan persentase ketuntasan belajarnya 41,18% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas 61,76 dan persentase ketuntasan belajarnya 47,06% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 87,64 dan persentase ketuntasan belajarnya adalah 94,12% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan bahkan sampai melebihi dari nilai yang peneliti targetkan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan melalui demonstrasi benda konkrit pada siswa kelas III SD Negeri 100706 Siloung. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan demonstrasi benda konkrit dalam menanamkan konsep-konsep pecahan. Hal ini disesuaikan dengan tingkat pemikiran dan usia siswa kelas III yang masih dalam tahap nyata dan belum dapat memahami hal-hal yang abstrak. Sehingga materi dapat lebih mudah dipahami oleh siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | demonstrasi benda konkrit; hasil belajar matematika siswa; pecahan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 02:36 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 02:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3062 |
Actions (login required)
View Item |