Harahap, Halimatussahdia (2014) Upaya guru PAI dalam pembentukan perilaku siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Upaya pembentukan perilaku siswa adalah merupakan tanggung jawab semua guru, termasuk di dalamnya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas yang cukup berat namun amat mulia, yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik. Beratnya tugas yang amat mulia tersebut tidak jarang terbentur oleh minimnya kompetensi kepribadian dan kompetemsi sosial guru. Artinya perilaku buruk siswa berkaitan erat dengan teladan (kepribadian dan cara bersosial) guru di lingkungan sekolah. Hasil survei awal peneliti menunjukkan di SMA Negeri 6 padangsidimpuan masih banyak siswa yang berperilaku tidak baik seperti terlambat datang sekolah, merokok, bolos, berkelahi dan melawan kepada guru. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk perilaku siswa di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk perilaku siswa. Kegunaan penelitian ini sebagai masukan bagi guru dalam membentuk perilaku siswa dan bacaan di perpustakaan IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu keagamaan/pendidikan perilaku (budi pekerti), sehubungan dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendidikan perilaku (budi pekerti) atau lebih umum disebut dengan teori pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan Metodologi penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perilaku siswa yang di ambil dari fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, dan sikap suatu kelompok sosial di lokasi penelitan yang ditetapkan sebelumnya. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah (1) upaya guru dalam membentuk perilaku siswa sehingga terhindar dari perilaku buruk adalah dinasehati dengan baik, kemudian menggunakan hukuman efek jera yaitu membersihkan kamar mandi, menghafal surat dari Juz 30, mengumpulkan sampah, menyerahkan kepada guru BK, dilaporkan kepada kepala sekolah, membuat surat pernyataan tidak mengulangi perbuatan dan pemanggilan terhadap orang tua siswa, (2) perilaku buruk siswa yang paling dominan adalah terlambat datang, bolos, merokok serta perilaku yang jarang adalah berkelahi dan melawan kepada guru, (3) adapun kendala yang dihadapi guru PAI dalam membentuk perilaku siswa adalah minimnya keteladanan yang baik dari semua guru, sebagian guru menganggap perilaku buruk siswa adalah hal yang sudah biasa, perilaku siswa di luar lingkungan sekolah tidak dapat di awasi oleh guru dan kurangnya kesadaran diri yang dimiliki oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Misran Simanungkalit, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Guru PAI; Perilaku Siswa |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 01:23 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 01:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3054 |
Actions (login required)
View Item |