Hidayah, Nur (2014) Motivasi guru dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalah Motivasi Guru Dalam Membentuk Akhlak Siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon. Walaupun sudah ada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 101110 Janjimanaon tapi itu tidaklah cukup untuk membentuk akhlak siswa karena jam pelajarannya hanya 2X seminggu. Berdasarkan latar belakang masalah yang di uraikan yang menjadi rumusan masalah tersebut berupa, bagaimana motivasi guru dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon, faktor pendukung dalam membentuk akhlak siswa dan faktor penghambat dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi guru dalam membentuk akhlak siswa, faktor pendukung dalam membentuk akhlak siswa dan faktor penghambat dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya, dan hasilnya diuraikan berupa kata-kata tertulis. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru pendidikan agama Islam, dan siswa SD Negeri 101110 Janjimanaon, sumber data skunder dari kepala sekolah, salah satu guru mewakili bidang studi yang lain, data-data, dan dokumen-dokumen pelengkap penelitian. Setelah penelitian ini dilakukan bahwa Motivasi Guru dalam Membentuk Akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon dikategorikan baik, adapun bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa adalah dengan memberikan pujian, memberikan hadiah, memberikan contoh teladan bagi siswa, melalui pembiasaan, dan memberikan nasehat. Sedangkan faktor pendukung dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janijimanaon adalah adanya peraturan dan sanksi, adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan fasilitas yang memadai. Dan faktor pendukung dalam membentuk akhlak siswa di SD Negeri 101110 Janjimanaon adalah kurangnya kerja sama orangtua dengan guru, kurangnaya alokasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra, Asmadawati, M.A dan Risdawati Siregar, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Guru; Akhlak; AKhlahk Siswa |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 01:12 |
Last Modified: | 09 Jul 2020 01:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3053 |
Actions (login required)
View Item |