Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam membina ranah psikomotorik siswa sekolah luar biasa negeri Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Utara

Harahap, Ummi Aisyah (2019) Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam membina ranah psikomotorik siswa sekolah luar biasa negeri Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa siswa tunarungu memiliki masalah dalam pendengaran juga berkomunikasi dengan orang lain sehingga ranah psikomotorik siswa tunarungu membutuhkan bantuan orang lain dalam membina ranah psikomotoriknya dan ini dibutuhkan suatu usaha untuk menanggulangi permasalahan yang melalui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunarungu Sekolah Luar Biasa Negeri Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunarungu, faktor penghambat yang mempengaruhi kreativitas guru dalam proses belajar mengajar dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa tunarungu dan untuk mengetahui faktor penghambat yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar. Metodologi penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu menggambarkan fenomena-fenomena suatu keadaan yang sebenarnya terjadi dilapangan sesuai dengan fakta secara sistematis atau apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas yang dilaksanakan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina ranah psikomotorik siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Utara berhasil membina ranah psikomotorik siswa tunarungu dengan komunikasi total, membawakan media visual atau gambar, mempraktekkan langsung atau demonstrasi dan mengadakan kegiatan rutin keagamaan. Dan faktor penghambat yang mempengaruhi guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar adalah tidak jelasnya artikulasi yang diucapkan, terhambatnya perkembangan bahasa siswa, kurangnya perhatian dari orangtua, kurangnya media pembelajaran yang disediakan pihak Sekolah, minimnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan pendidikan siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kreativitas; Pendidikan agama pslam; Ranah Psikomotorik dan tunarungu
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:12
Last Modified: 03 Jul 2020 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

View Item View Item