Harahap, Pirhot Matua (2019) Pengelolaan kelas pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta Nurul Falah di Desa Panompuan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah berdasarkan observasi peneliti, bahwa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah di desa Panompuan kecamatan Angkola Timur kabupaten Tapanuli Selatan ditemukan ada guru Akidah Akhlak dalam mengelola kelas belum sesuai dengan tata aturan pengelolaan kelas sebagaimana dalam proses pembelajaran. Dalam hal seperti pengaturan tempat duduk peserta didik, kondisi kelas, penggunaan metode, media pembelajaran, seharusnya memperhatikan pengelolaan kelas sebagaimana dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah di kelas VIII-2 dan apa saja kendala yang didapati guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah kelas VIII-2. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan mengetahui kendala guru dalam pengelolaan kelas pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah kelas VIII-2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif kualitatif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak di kelas VIII-2, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Kemudian data diolah dan dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas oleh guru pada saat mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah guru belum menerapkan keterampilan pengelolaan kelas sebagaimana dalam proses pembelajaran. Kendala guru Akidah Akhlak dalam pengelolaan kelas pada saat pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Nurul Falah adalah guru tidak melaksanakan keterampilan dalam pengelolaan kelas sebagaimana tata aturan pengelolaan kelas, kendala lain jumlah siswa yang terlalu banyak di dalam kelas, dan membuat kelas terasa sempit dan pengap, dan fasilitas yang kurang memadai, seperti buku paket yang kurang, alat/media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengelolaan kelas; Pembelajaran akidah akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 08:48 |
Last Modified: | 03 Jul 2020 08:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3045 |
Actions (login required)
View Item |