Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Internalisasi akhlak mulia siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padangsidimpuan

Batubara, Rubiyah (2018) Internalisasi akhlak mulia siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100160.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Sekolah merupakan agen perubahan, peranan sekolah sebagai agen perubahan adalah terwujudnya perubahan nilai-nilai sikap, perilaku, intelektual dan lainnya sesuai dengan tujuan bangsa. Pendidikan karakter bertujuan agar hasil pendidikan di sekolah mampu membentuk akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan visi misi SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Sehingga peserta didik secara mandiri mampu meningkatkan, menginternalisasi dan mempersonalisasi akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun metode penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan). Yang bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai akhlak mulia yang dikembangkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padangsidimpuan. upaya internalisasi akhlak mulia siswa dengan pendekatan kognetif, afektif, dan psikomotorik di SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dan faktor penghambat dan pendukung internalisasi akhlak mulia siswa di SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini yang menjadi informan kunci adalah siswa, guru Pendidikan Agama Islam dan guru Pembina Rohis SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Adapun metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai akhlak mulia yang dikembangkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padangsidimpuan adalah ketaqwaan, ikhlas, tolong-menolong, kasih sayang, amanah dan tanggung jawab. Upaya internalisasi akhlak mulia siswa di SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dengan pendekatan kognitif melalui pemberian pengetahuan secara teoritis pada saat Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) siswa baru, pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, dan ceramah agama yang dilaksanakan pada saat ada peringatan hari besar Islam, seperti Isra’ Mi’raj, penyambutan bulan suci Ramadhan, Nuzulul Quran, dan Maulid Nabi. Pendekatan afektif melalui sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, gerakan amal sholih (GAS), kebersihan mushollah dan lingkungan sekolah, serta program salam, senyum, sapa, sopan, dan santun (5S). Pendekatan psikomotorik melalui bimbingan khusus baca tulis Al-qur’an, kuliah tujuh menit (kultum), badan kepengurusan mushollah, dan perlombaan bidang keagamaan. Faktor penghambat internalisasi akhlak mulia siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Padangsidimpuan adalah kurangnya kesadaran dari diri siswa. Sedangkan faktor pendukung internalisasi akhlak mulia di SMA Negeri 1 Padangsidimpuan adalah lingkungan sekolah yang baik, fasilitas sekolah dan bimbingan dari guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Internalisasi akhlak mulia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 02 Jul 2020 08:39
Last Modified: 02 Jul 2020 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item