Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model direct instruction dengan media audio melalui lagu untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan kelas V SDN 200508 Sihitang

Siregar, Endang Aminy (2019) Penerapan model direct instruction dengan media audio melalui lagu untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bilangan kelas V SDN 200508 Sihitang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-A SDN 200508 Sihitang disebabkan guru menggunakan pembelajaran konvensional dalam proses belajar mengajar, penggunaan model pembelajaran yang sama terus menerus tanpa ada variasi dalam proses pembelajaran dapat menimbulkan kebosanan sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Direct Instruction dengan media audio melalui lagu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi bilangan di kelas V-A SDN 200508 Sihitang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyekpenelitianiniyaitusiswakelas V-A SDN 200508 sihitangdenganjumlahsiswa 28 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 65 dan persentase tuntas belajar klasikal 75% dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran 75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai KriteriaKetuntasan Minimum (KKM) hasil belajar siswa mencapai 67,50 sedangkan pada siklus II ratarata hasil belajar menjadi 73,92 dengan persentase klasikal dari 67,85% menjadi 89,28%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I pertemuan 1 adalah 46,42% dan pertemuan 2 adalah 62,85%, pada siklus II pertemuan 1 adalah 72,85% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 82,85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Direct instruction; media audio; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2020 08:34
Last Modified: 02 Jul 2020 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item