Hasibuan, Rijal Hasan (2018) Pemanfaatan alat peraga dan media pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan merupakan madrasah percontohan tingkat tsanawiyah se Kota Padangsidimpuan, tentunya ini tidak terlepas dari dukungan alat peraga dan media pembelajaran yang dimiliki serta pemanfaatannya, sehingga perlu untuk melakukan penelitian lebih mendalam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan model kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Alat peraga pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan adalah alat peraga yang disedikan madrasah, alat peraga yang disediaka guru secara complicated (rumit), dan alat peraga yang disediakan guru secara mudah, seperti menggunakan tangan sebagai alat peraga, tanah, kayu dan air. Sedangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah media bersifat materi yaitu media audio seperti pemutar MP3, media cetak seperti gambar dan poster, media elektronik seperti film, laptop dan infocus. Sedangkan media pembelajaran bersifat non materi seperti keteladanan, perintah dan larangan serta ganjaran dan hukuman, 2) Pemanfaatan alat peraga dan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan dilakukan dengan memperhatikan unsur efisiensi penggunaan alat dengan menjaga alat-alat tersebut agar tetap utuh dan dapat dipergunakan di waktu yang lain. Selain itu, pemanfaatan alat peraga dan media pembelajaran di Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan dilakukan dengan memperhatikan unsur efektifitasnya. Guru menggunakan alat peraga dan media pembelajaran dengan cara yang dapat membuat siswa agar cepat paham terhadap pelajaran yang disampaikan, 3) Kendala pembanfaatan alat peraga dan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Padangsidimpuan adalah kurangnya jumlah alat peraga dan media pembelajaran yang tersedia, sehingga mengakibatkan pada kurangnya waktu dalam pemanfaatan alat peraga dan media pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Alat peraga dan media pembelajaran; PAI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 05:07 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 05:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
View Item |