Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan software Geometer Sketchpad V4 terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan

Hasibuan, Sizwandi (2018) Pengaruh penggunaan software Geometer Sketchpad V4 terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14.202 00164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep bangun datar siswa disebabkan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif dan belum dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang sebuah konsep yang telah dipelajarinya serta dalam mengklasifikasikan sifat-sifat dari bangun datar, menentukan rumus keliling dan luas dari bangun datar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Geometer Sketchpad V4 terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Bruner mengenai pentingnya pemahaman tentang cara terbaik bagi seorang peserta didik untuk mempelajari sesuatu konsep atau prinsip dalam matematika adalah dengan mengkonstruksi sebuah representasi dari konsep itu sendiri, dan teori Ausubel mengenai konsep belajar bermakna. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan model Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padangsidimpuan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu 43 siswa. Sampel di kelas eksperimen yang diberi perlakuan 23 siswa dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan 23 siswa. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,603 > ttabel = 2,015, maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Software Geometer Sketchpad V4 terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun datar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Software Geometer Sketchpad V4; Pemahaman Konsep; Bangun Datar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 05 Dec 2019 23:58
Last Modified: 05 Dec 2019 23:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/30

Actions (login required)

View Item View Item