Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Susanti, Sri (2014) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, sehingga timbul permasalahan dalam penelitian ini yaitu: strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, faktor-faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, faktor-faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Analisa data dilaksanakan dengan cara analisis data komparasi konstant. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional yang ada di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan yaitu strategi guru dalam mengembangkan kesadaran diri anak yaitu dengan membina, memberikan pelatihan, sehingga anak dapat mengendalikan emosinya dengan baik. Strategi guru dalam mengembangkan pengaturan diri anak, yaitu dengan cara guru memberikan kreatifitas-kreatifitas pada anak melalui kegiatan-kegiatan di sekolah karena pada dasarnya kegiatan-kegiatan tersebut membuat anak menjadi kreatif. Strategi guru dalam mengembangkan motivasi diri anak yaitu dengan cara, guru memberikan hadiah untuk anak yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu anak yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar anak yang berprestasi. Strategi guru dalam mengembangkan empati, guru selalu memberikan nasehat-nasehat pada anak, untuk selalu berbuat baik kepada orang lain dan yang terakhir adalah strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, yang dilakukan dengan kebiasaan perilaku anak sehari-hari dilingkungan sekolah. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional adalah faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional antara lain, fasilitas yang memadai, komunikasi antara pendidik dan peserta didik, dan lingkungan belajar. Adapun faktor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak adalah ketidak disiplinan, ketergantungan, perilaku asosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi guru Pendidikan Agama; Kecerdasan emosional
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:10
Last Modified: 02 Jul 2020 02:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item View Item