Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja Guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Solita, Devi (2014) Pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja Guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan pada hakekatnya merupakan perencanaan pengajaran yang akan dilakukan oleh guru serta untuk memperkirakan yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana penyusunan program pembelajaran di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dan bagaimana kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Sejalan dengan penelitian di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penyusunan program pembelajaran guru di SMP Negeri 10 dan untuk mengetahui pelaksanaan kinerja guru yang dilaksanakan di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif dalam bentuk korelasi. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif, selanjudnya dilakukan analisis data dengan menggunakan rumus statistik dalam bentuk korelasi product moment. Adapun hasil penelitian ini adalah keadaan pelakasanaan pembelajaran di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan berpedoman pada penyusunan program pembelajaran yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Prota dan Prosem. Keadaan kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan dilihat dari hasil angket dari rentangan 50-59 (kategori sangat baik). Pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan adalah terbukti berpengaruh. Dengan koefisien korelasi sebesar 131.11. Dimana F hitung lebih besar dengan dengan F tabel pada taraf signifikan 0,005 dan 0,001 yaitu 131.11>0,291 dan 131.11>0,376. Dengan demikian hipotesa yang berbunyi: ”Ada pengaruh penyusunan program pembelajaran terhadap kinerja guru di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Program pembelajaran; Kinerja guru; SMP Negeri 10 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 01 Jul 2020 08:29
Last Modified: 01 Jul 2020 08:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item