Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru al-qur’an hadis dalam meningkatkan kemampuan baca tulis qur’an siswa kelas V MIN 3 TapanuliTengah Kecamatan PinangsoriKabupaten Tapanuli Tengah

Pasaribu, Balqis Hairani (2020) Upaya guru al-qur’an hadis dalam meningkatkan kemampuan baca tulis qur’an siswa kelas V MIN 3 TapanuliTengah Kecamatan PinangsoriKabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa di MIN 3 Tapanuli Tengah. Hal ini dapat di lihat dari waktu yang kurang relatif untuk mengajar atau membimbing siswa dalam pembelajaran baca tulis AlQur’an, sehingga mengakibatkan masih banyak siswa belum maksimal dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an seperti belum maksimalnya membaca ayat AlQur’an dengan benar dan kesulitan menghafal disebabkan persamaan ciri dan bentuk dan huruf bersambung, kesulitan dalam membedakan harkat panjang dan pendek dan kesulitan pengucapan makhraj yang benar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V MIN 3 Tapanuli Tengah. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V MIN 3 Tapanuli Tengah. Adapun tujuan penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui upaya guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas V MIN 3 Tapanuli Tengah.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an siswa di kelas V MIN 3 Tapanuli Tengah. Metodologi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif ini adalah sebuah bentuk yang pada dasarnya ditujukan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena- fenomena yang ada baik fenomena yang bersifat alamiah. Dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan adalah menelaah, klarisikasi data, reduksi data, memeriksa keabsahan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: Pertama,upaya yang diterapkan guru baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an seperti melakukan persiapan sebelum melaksanakan pembelajaran, memotivasi siswa disetiap pembelajaran seperti pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi, menciptakan kompetesi, membawa siswa belajar diluar ruangan. Memilih metode dan strategi yang tepat yang digunakan seperti metode ceramah, metode Tanya jawab, metode At-Tartil dan penerapan metode Iqra. Kedua, faktor pendukung yaitu kemampuan dan keterampilan guru dan bakat yang dimiliki siswa, tersedianya buku bimbingan dari sekolah seperti iqra dan Al-Qur an. Adapun faktor penghambat yang dihadapi oleh guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an seperti terbatasnya alokasi waktu, kurangnya pelatihan guru-guru baca tulis Al-Qur’an secara rutin dalam penerapan metode Iqra dan kurangnya media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Upaya,Guru; Meningkatkan, Baca Tulis, Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:54
Last Modified: 10 Jul 2020 07:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item