Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Model pembelajaan quantum teaching dalam perspektif pendidikan Islam

Siregar, Darlia (2014) Model pembelajaan quantum teaching dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching dalam perspektif pendidikan Islam. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Quantum Teaching jika dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini berdasarkan jenisnya adalah merupakan penelitian kualitatif dengan teknik Content Analisys. Berdasarkan tempatnya penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan .Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data skunder. Data primer dalam penelitian ini adalah buku-buku yang dijadikan sumber data utama. Sedangkan data skunder adalah data pendukung atau data pelengkap penelitian ini. Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa temuan dari penelitian ini adalah bahwa Model pembelajaran Quantum Teaching adalah sebuah metodologi dalam pengajaran yang dirancang berdasarkan teori-teori pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien.Prinsip-prinsip yang ada dalam Quantum Teaching ini menjadikan proses belajar menjadi lebih baik. Prinsip- prinsip Quantum Teaching terdiri dari lima prinsip yaitu segalanya berbicara, segalanya bertujuan, pengalaman sebelum pemberian nama, akui setiap usaha, dan rayakan jika layak dipelajari. Dalam prinsip-prinsip tersebut dipandang dapat memperkaya prinsip-prinsip pembelajaran dalam pendidikan Islam. Dikatakan demikian, karena prinsip-prinsip yang ada dalam pembelajaran Quantum Teaching sesuai dengan apa yang dkehendaki oleh pendidikan Islam itu sendiri.Selanjutnya langkah- langkah pembelajaran Quantum Teaching yang terdiri dari tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Langkah- langkah tersebut dipandang dapat memperkaya langkah-langkah yang ada dalam pendidikan Islam. Dikatakan demikian karena langkah-langkah yang ada dalam Quantum Teaching dibicarakan dalam pendidikan Islam itu sendiri dan Quantum Teaching sudah memberikan kontribusinya bagi pengembangan pembelajaran pendidikan Islam. Dan langkah-langkah dalam model pembelajaran Quantum Teaching ini dapat diterima oleh pendiddikan Islam yang mana sebagai sumber utamanya Al-Quran dan Hadist banyak berbicara tentang model Quantum Teaching ini meskipun tidak secara keseluruhan tetapi sudah memberi gambaran tentang model Quantum Theaching ini. Walaupun sebenarnya model ini berasal dari Barat tetapi apa yang ada di dalamnya berkaitan dengan ajaran Islam itu sendiri. Apa yang ada dalam prinsip-prinsip Quantum Teaching sesuai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan Islam; pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Jul 2020 08:02
Last Modified: 04 Sep 2020 09:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item