Hapni, Kholidah (2014) Pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan psikomotorik siswa kelas III pada pokok bahasan shalat di SD Negeri 200 Tombang Bustak Kecamata Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) |
Abstract
Salah satu usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional adalah burasaha meningkatkan pembelajaran yang efektif, inovatif, kreatif menyenagkan dan bermakna. Namun realitanya pembelajaran saat ini masih didominasi pandangan bahwa pengetahuan adalah sebagai fakta untuk dihapal, sehingga tidak mampu mengembangkan penalarannya untuk memahami masalah-masalah dalam pendidikan Agama Islam terutama pada pokok bahasan shalat yang menyebabkan kemampuan psikomotorik siswanya masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan amsih berpusat kepada guru dan masih monoton, yang mana akan menimbulkan kejenuhan siswa.Oleh karena itu, salah satu usaha untuk terwujudnya tujuan pendidikan nasional serta meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dapat digunakan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, apakah ada pengaruh digunakan model pembelajaran yang baru terhadap kemampuan psikomotorik siswa di SD Negeri 200 Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal Dalam penelitian ini diajukan suatu permasalahan yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran picture and picture dengan kemampuan psikomotorik siswa kelas III pada pokok bahasan shalat di SD Negeri 200 Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test post-test control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 200 Tombang Bustak Kecamatan Kotanopan kabupaten Mandailing Natal berjumlah 42 orang siswa. Dalam pengambilan sampel peneliti mengambil teknik non probability sampling (sampling jenuh) atau dengan mengambil keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel. Jadi keseluruhan sampel berjumlah 42 orang yang terdiri dua kelas masing-masing 21 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pre-test dan post-test. Hasil penelitian gambaran kemampuan psikomotorik sebelum menggunakan model pembelajaran picture and picture memiliki rata-rata 65,66 dengan Simpangan baku 6,58. Sedangkan setelah digunakan model pembelajaran maka hasilnya rata-rata 83,14 dengan simpangan baku 6,76. Maka hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis yang diperoleh thitung = 9,356 ttabel = 1,684. Dapat diambil kesimpulan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan psikomotorik siswa kelas III pada pokok bahasan shalat di SD Negeri 200 Tombang Bustak Kecmatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan Islam; pembelajaran; psikomotorik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 07:49 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 07:49 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2951 |
Actions (login required)
View Item |