Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran al-qur’an hadist pada materi membaca alqur’an siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Devi Khairani (2020) Pembelajaran al-qur’an hadist pada materi membaca alqur’an siswa di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420100082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian berangkat dari kenyataan bahwa pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia khususnya suatau kenyataan bahwa siswa di kelas V MIN Aek Nabara Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas rata-rata lancar membaca Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa di Kelas V MIN Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas?, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an siswa di Kelas V Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, karena penelitian ini berusaha untuk mengungkapkan dan memahami makna yang mendasari tingkah laku partisipan, memaparkan latar, dan interaksi yang terjadi dalam sebuah fenomena yang terjadi dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Al-Qur’an Hadist pada materi membaca Al-Qur’an di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas dengan mengajar siswa mengajarkan kepada siswa tentang ilmu tajwid, mengajarkan materi Al-Qur’an surah Al-Kafirun dengan baik dan benar, terjemahan surah Al-Kafirun, dan isi pokok kandungan surah AlKafirun. poster tulisan surah Al-Kafirun, kartu kata lafal dan arti surah AlKafirun, dan gambar yang berhubungan dengan isi kandungan surah AlKafirun. Strategi guru Qur’an Hadist dalam pembelajaran membaca AlQur’an adalah dengan menggunakan strategi sorogan, klasikal individu, klasikal baca simak, dan menggunakan metode Al-Huda, Iqro’, Amma, drill (latihan), evaluasi dan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an Hadist; Membaca Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:56
Last Modified: 10 Jul 2020 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item