Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran team assisted individually (tai) terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIII Mts Al-Washliyah Sihepeng.

Fauzi, Ahmad (2020) Pengaruh model pembelajaran team assisted individually (tai) terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIII Mts Al-Washliyah Sihepeng. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar Matematika siswa khususnya pokok bahasan Teorema Pythagoras siswa kelas VIII MTs AL-Washliyah sihepeng rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi ketidak aktipan siswa dalam proses pembelajaran, selama proses pembelajaran siswa hannya mendengarkan pembelajaran guru dan tidak mau bertanyak, melelui model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) siswa dapat memecahkan masalah, berinteraksi didalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa materi Teorema Pythagoras di kelas VIII MTs AL-Washliyah sihepeng. Dari latar belakang masalah tersebut peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) terhadap Hasil belajar matematika kelas VIII MTs AL-Washliyah sihepeng. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen dengan desain non ekivalen (untreated control grup design with pretest and posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 64 orang. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksprimen dengan jumlah 32 orang dan kelas kontrol dengan jumlah 32 orang siswa-siswi MTs AL-Washliyah Sihepang. Dan intrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan = 2,854 > = 1,998 maka ditolak dan sebaliknya diterima. Dengan demikian diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan Team Assisted Individually (TAI) terhadap hasil belajar Teorema Pythagoras siswa kelas VIII MTs AL-Washliyah Sihepeng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Team Assisted Individually (TAI); Hasil Belajar; Teorema Pythagoras.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:56
Last Modified: 10 Jul 2020 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item View Item