Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan resource based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear kelas X SMA N 1 Tambangan

Nisa, Khoirun (2019) Pengaruh pendekatan resource based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear kelas X SMA N 1 Tambangan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah suatu proses pembelajaran matematika cenderung menggunakan pendekatan ekspositori sehingga keaktifan peserta didik masih kurang terlihat. Guru belum terbiasa mengikutsertakan peserta didik untuk mampu dalam menanamkan konsep-konsep materi yang ada. Keadaan yang demikian mengakibatkan peserta didik semakin lemah dan ketika menemui soal cerita peserta didik merasa kesulitan untuk memahami dan menyelesaikannya. Sebagian peserta didik masih ada yang belum bisa memahami dan menerjemahkan soal cerita. Konsekuensinya peserta sisik belum mampu menyelesaikan permasalahan yang disajikan dalam bentuk soal cerita. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Pendekatan Resource Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Tambangan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Resource Based Learning terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan model control group pretest-postest design. Populasi ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Tambangan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 117 siswa. Sampel di kelas eksprimen yang diberi perlakuan 24 siswa dan kelas kontol yang tidak diberi pelakuan 24 siswa. Pengolaan data dan analisis data dilkukan dengan menggunakan rumus uji-t. Dari hasil analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siwa untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 85,15 dan kelas kontrol 76,82. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunkan uji-t kedua kelas memiliki perbedaan, dimana dengan tabelhitung tt yaitu . 201,09797,6  Berarti a H diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan terhadap menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan dan peridaksamaan SMA Negeri 1Tambangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Resource Based Learning; Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita; Persamaaan dan Pertidaksamaan Linear
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:56
Last Modified: 10 Jul 2020 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item