Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pengenalan suara menggunakanterapi permainan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan.

Riski, Doana (2020) Pengaruh model pengenalan suara menggunakanterapi permainan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520200042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) autis adalah anak yang memiliki kemampuan dibawah rata - rata anak lainnya (anak normal). Pada dunia pendidikan, anak autis membutuhkan metode belajar yang berbeda dengan anak normal. Banyak metode belajar yang telah digunakan dan semuanya mengacu pada satu prinsip yaitu mudah diterima dan diingat oleh anak autis. Salah satu metode yang digunakan dalam proses belajar anak autis yaitu menggunakan media pianika, yang dapat menarik dan meningkatkan minat belajar mereka. Pianika ini sebagai alat terapi untuk anak autis sehingga menarik dan interaktif, dapat membantu anak autis dalam belajar. Penelitian dilakukan di sekolah luar biasa Padangsidimpuan khususnya siswa autis. Penelitian mencermati beberapa tingkat kategori anak autis dengan melihat kemampuan masing-masing dalam berkomunikasi dan menangkap informasi, Penelitian juga melihat kemampuan siswa dalam mengenal angka, karena berdasarkan wawancara dengan guru tidak semua siswa mampu mengenal angka. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pengenalan suara menggunakan terapi permainan terhadap kemampuan mengenal angka pada anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Negeri Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desainnya pretest–posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa sekolah luar biasa Padangsidimpuan, dengan jumlah keseluruhan siswa adalah 94 siswa. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas autis sebagai kelas eksperimen Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dengan menggunakan tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraiakan pada hasil perhitungan menunujukkan bahwa sebelum dan sesudah diberikan tes terdapat perbedaan. Pada hasil perhitungan posttest 76,50 setelah diberikan perlakuan lebih baik dari rata-rata pretest yaitu 62,50 sebelum diberikan perlakuan. nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,002 Sedangkan hasil tes “t” di peroleh thitung > ttabel= = 3,934 > 1,812 dengan taraf signifikan 5% (0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pengenalan suara; Terapi Permainan; Anak berkebutuhan Khusus
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:57
Last Modified: 10 Jul 2020 07:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2934

Actions (login required)

View Item View Item