Lubis, Parhan Arapat (2018) Implementasi kurikulum di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi Kabuapaten Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1623100137.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan Islam haruslah mempunyai kurikulum yang tersusun secara sisitematis agar pelaksanaan pendidikan tersebut mencapai tujuan yang diharapkan. Kurikulum merupakan jantungnya sebuah lembaga pendidikan, tanpa adanya kurikulum yang tersusun secara sistematis di sebuah lembaga pendidikan mustahil tercapai tujuan-tujuan yang diharapkan. Di era global ini, dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang sangat tinggi, maka Madrasah Diniyah Takmiliyah harus mampu menjawab tantangan yang ada. Salah satu cara untuk dapat menjawab tantangan tersebut, Madrasah Diniyah Takmiliyah harus berani melakukan perubahan-perubahan serta mengadakan inovasi dan pengembangan terhadap kurikulumnya agar tetap eksis dan bertahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa materi pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi, bagaimana metode pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi dan bagaimana evaluasi pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi Berdasarkan tempat penelitian ini adalah penelitian lapangan, berdasarkan analisis data penelitian ini termasuk kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni apa adanya dan kholistik sesuai dengan konteks penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, Isi program atau materi pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi mayoritas terdiri dari susunan mata pelajaran agama yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti mata pelajaran al-Qur’an, Hadits, Tarekh/ Siroh, Fiqih, Bahasa Arab, Tauhid, dan Akhlaq. Muatan kurikulum tersebut kemudian ditambah mata pelajaran lainnya sesuai misi dan tujuan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah masing-masing, seperti Tajwid, Imlak, Nahu, Sharaf, Kaligrafi, dan lagu-lagu Islami. Pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi menggunakan beberapa metode pembelajaran antara lain ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek dan demonstrasi. Pelaksanaan evaluasi terhadap peserta didik Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kecamatan Sayurmatinggi dilakukan melalui tes awal dan tes akhir materi yang diajarkan. Proses penilaian selama pembelajaran berlangsung dilakukan pendidik melalui tes lisan. Evaluasi juga dilaksanakan pada setiap tengah semester dan satu semester. Namun walupun demikian, pelaksanaan bentul-bentuk evaluasi tersebut tidak dibarengi dengan pencatatan administrasi seperti menulis hasil-hasil evaluasi tersebut ke dalam daftar kumpulan nilai peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Implementasi kurikulum; Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Aflah Indra Pulungan |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 03:54 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 03:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |