Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Siregar, Sahriana (2020) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan belajar matematika peserta didik dikatakan sebagai suatu kondisi dalam pembelajaran yang ditandai dengan adanya hambatanhambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar matematika sesuai potensi atau kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Hambatan itu dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? 2) bagaimanakah upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dan responden dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika dan guru matematika kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) faktorfaktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika berasal dari faktor eksternal dan internal, faktor eksternal peserta didik yaitu kesiapan peserta didik untuk belajar, minat, motivasi, yang bersifat psikomotorik. Faktor internal siswa yaitu lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah. 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas VIII antar lain: memberi penguatan, melalui bimbingan belajar kelompok, membantui peserta didik dalam proses pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika, mengadakan program perbaikan(remedial).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Upaya Guru,; Kesulitan Belajar; Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:58
Last Modified: 10 Jul 2020 07:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item