Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi eksponensial di kelas X MAN Kase Rao-Rao Batang Natal.

Hasiah, Minda (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi eksponensial di kelas X MAN Kase Rao-Rao Batang Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
133300020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas X MAN Kase Rao-Rao Batang Natal disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru tidak mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup minim sekali, sehingga seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika baik dalam hal mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menjelaskan keterkaitan antar konsep serta kesulitan dalam mengaplikasikan konsep dan algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu pembelajaran matematika harus diarahkan pada pengembangan antar berbagai ide, memahami bagaimana ide-ide matematik saling terkait satu sama lain sehingga terbangun pemahaman menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi eksponensial di kelas X MAN Kase Rao-Rao Batang Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain non randomized control group pre test post test desaign. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MAN Kase Rao-RAo Batang Natal yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 125 orang, dan untuk sampelnya diambil keseluruhan populasi yaitu sebanyak 57 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (postest). Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 2,065 > ttabel 1,67. Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi eksponesial di kelas X MAN Kase Rao-Rao Batang Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI); Pemahaman Konsep
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:04
Last Modified: 10 Jul 2020 08:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2898

Actions (login required)

View Item View Item